Kabupaten Malaka adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kotanya berada di Betun. Malaka merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Belu yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste. Kabupaten Malaka berjarak kira-kira 232 KM dari Kota Kupang ke arah Barat. Batas-batas wilayahnya adalah Utara berbatasan dengan Kabupaten Beru, Timur berbatasan dengan Timor Leste dan Laut Timor, Selatan berbatasan dengan Laut Timor, Barat berbatasan dengan Kabupaten TTU dan TTS.

Secara administratif, Kabupaten Malaka yang memiliki luas wilayah mencapai 1.160,63 Km2, terbagi atas 12 kecamatan serta 127 Desa. Kecamatan dengan wilayah terluas adalah Kecamatan Malaka Tengah dengan luas wilayah 168,69 Km2 atau 14,53% dari luas wilayah Kabupaten Malaka, sedangkan yang terkecil adalah Kecamatan Botin Leobele dengan luas wilayah 39,03 Km2 atau 3,36% dari luas wilayah Kabupaten Malaka.