Perda No. 6 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Malaka Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Malaka

  1. Kabag Kesejahteraan Setda Kabupaten Malaka, mempunyai tugas:
    1. Membantu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dalam melaksanakan tugas di bidang kesejahteraan rakyat sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
    2. Merencanakan langkah – langkah operasional kegiatan Bagian Kesejahteraan Rakyat berdasarkan rencana sekretariat daerah dan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    3. Memimpin, mendistribusikan dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui arahan, bimbingan dan motivasi sesuai kemampuan dan bidang tugas masing – masing agar terwujudnya kinerja unit secara optimal;
    4. Mengatur pelaksanaan urusan ketatausahaan melalui pemberian layanan administrasi sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan tertib dan lancar;
    5. Menyedia pelaksanaan  tugas bawahan berdasarkan rencana kerja Bagian agar terwujudnya kinerja unit secara optimal;
    6. Mengelola  pelaksanaan  perumusan kebijakan pemerintahan daerah, standar, norma dan petunjuk teknis pembinaan di bidang bina sosial meliputi agama, pendidikan dan kebudayaan, kesejahteraan sosial dan pemberdayaan perempuan serta pemuda dan olah raga berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk mengoptimalkan layanan sosial kepada masyarakat secara berkualitas;
    7. Mengatur pelaksanaan urusan ketatausahaan melalui pemberian layanan administrasi sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku agar pelaksanaan tugas berjalan tertib dan lancar;
    8. Mengelola bahan/konsep rekomendasi bidang agama, pendidikan dan kebudayaan, kesejahteraan sosial dan pemberdayaan perempuan serta pemuda dan olah raga berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk meningkatkan layanan sosial kepada masyarakat;
    9. Mengelola pelaksanaan pembinaan administrasi pemerintahan daerah bidang  agama, pendidikan dan kebudayaan, kesejahteraan sosial dan pemberdayaan perempuan serta pemuda dan olah raga melalui ceramah, sosialisasi, sarasehan, diskusi, asistensi, pelatihan teknis dan/atau fasilitasi kerjasama sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk meningkatkan layanan sosial kepada masyarakat;
    10. Mengelola pelaksanaan koordinasi dengan instansi/unit terkait terhadap pelaksanaan tugas di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan, kesejahteraan sosial dan pemberdayaan perempuan serta pemuda dan olah raga berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku agar terwujudnya integrasi, sinkronisasi dan kerjasama yang baik;
    11. Mengelola penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) , laporan  pelaksanaan budaya kerja, Pengawasan Melekat, Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan, LKPJ, LPPD, Laporan Kinerja Keuangan dan Laporan Kinerja Bagian  sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk digunakan sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan kinerja;
    12. Mengelola pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah di bidang agama, pendidikan dan kebudayaan, Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan serta pemuda dan olahraga berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku guna mengeliminasi penyimpangan terhadap kebijakan, program dan kegiatan yang telah ditetapkan;
    13. Menyampaikan  laporan bulanan, triwulan, tahunan serta hasil pelaksanaan tugas Bagian  agama lainnya sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
    14. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  2. Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan berdasarkan rencana kerja bagian dan sumber data yang ada sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui arahan dan bimbingan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing – masing  agar tercapai ektifitas pelaksanaan tugas;
    3. Memeriksa hasil kerja bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan – kesalahan guna penyempurnaan lebih lanjut;
    4. Menyusun dan/atau mengoreksi konsep/bahan bahan perumusan kebijakan pemerintah daerah, pembinaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan urusan kesejahteraan sosial dan pemberdayaan perempuan berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    5. Menyusun dan/atau mengoreksi olahan data kesejahteraan sosial meliputi aspek lembaga – lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial, kesehatan masyarakat;
    6. Menyiapkan bahan fasilitasi dan/atau koordinasi pembinaan administrasi dan kerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan kesejahteraan sosial dan pemberdayaan perempuan melalui ceramah, sosialisasi, sarasehan, diskusi, asistensi dan pelatihan teknis untuk meningkatkan kualitas dan kecerdasan masyarakat di daerah;
    7. Mengatur menyiapkan bahasa analisis dan pengkajian serta evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah di bidang kesejahteraan  sosial dan pemberdayaan perempuan berdasarkan rencana kerja untuk mengetahui keberhasilan dan kegagalan yang terjadi guna menyusun bahan alternatif pemecahan masalah;
    8. Melakukan konsultasi dengan instansi/lembaga dan pihak terkait sesuai prosedur yang ada untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
    9. Membuat laporan bulanan, triwulan dan tahunan serta hasil pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan atasan;
    10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan baik secara lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  3. Sub Bagian Agama Pendidikan dan Kebudayaan, mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Agama, Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan rencana kerja bagian dan sumber  data untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
    2. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui arahan dan bimbingan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugas masing – masing agar tercapai efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas;
    3. Memeriksa pekerjaan bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan – kesalahan guna penyempurnaan dan peningkatan lebih lanjut;
    4. Menyusun dan/atau mengoreksi konsep/bahan perumusan kebijakan pemerintah daerah/pembinaan dan petunjuk teknis  bina agama, meliputi penyelenggaraan Lembaga Keagamaan, Kerukunan Hidup Umat beragama dan sarana peribadatan sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk menjadi pedoman pelaksanaan tugas dalam rangka mengembangkan layanan keagamaan;
    5. Membuat laporan secara berkala hasil pelaksanaan tugas sesuai data dan informasi yang ada berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan untuk atasan;
    6. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsi untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
    7. Membuat konsep Surat Keputusan Bupati tentang Penetapan Panitia pelaksanaan Kegiatan Buka Puasa Bersama.
    8. Mengumpul dan mengolah data guru SD/SLTP/SLTA pada sekolah Negeri maupun Swasta sesuai ketentuan yang berlaku agar tersedianya data olahan yang berkualitas;
    9. Mengumpul dan mengolah data kualitas proses pendidikan dan sekolah Negeri dan Swasta sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka peningkatan layanan pendidikan;
    10. Mengkoordinasikan, menghimpun surat – surat masuk, menyiapkan konsep dan menyelesaikan surat – surat keluar yang  berhubungan dengan Sub Bagian Agama, Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Sub Bagian Pemuda dan Olahraga, Pemberdayaan Masyarakat, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, mempunyai tugas:
    1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Pemuda, Olahraga, Pemberdayaan Masyarakat, Tenaga Kerja dan Transmigrasi berdasarkan rencana kerja bagian, data dan informasi untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan tugas dalam rangka kelancaran, efisensi dan efektifitas pelaksanaan tugas;
    2. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan melalui arahan dan bimbingan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing – masing agar tercapai efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas;
    3. Memeriksa pekerjaan bawahan berdasarkan rencana kerja untuk menemukan kesalahan – kesalahan dan keberhasilan guna penyempurnaan dan peningkatan lebih lanjut;
    4. Mengatur pelaksanaan fasilitasi, koordinasi, pembinaan, pemantauan, pengendalian, evaluasi dan kerja sama dalam penyelenggaraan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan, pemberdayaan masyarakat, tenaga kerja dan transmigrasi melalui ceramah, diskusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat;
    5. Membuat laporan secara berkala hasil pelaksanaan tugas sesuai data, infromasi dan kegiatan yang telah dilakukan sebagai bahan masukan bagi atasan/pimpinan;
    6. Melakukan koordinasi dengan instansi/lembaga dengan pihak terkait sesuai prosedur yang ada untuk mendapatkan masukan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
    7. Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan olah atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya;
    8. Menyusun RKA-SKPD yang ditindak lanjuti dengan penyusunan DPA-SKPD untuk Bagian Kesejahteraan Rakyat.
  1. Sekretaris Daerah;
  2. Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat;
  3. Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat;
  4. Kepala Sub Bagian Kesejateraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan;
  5. Kepala Sub Bagian Agama, Pendidikan dan Kebudayaan;
  6. Kepala Sub Bagian Pemuda dan Olahraga, Pemberdayaan Masyarakat, Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Malaka
JalanJl. Sukabi Hanawa, Desa Kamanasa, Kec. Malaka Tengah
Telp
Fax
Email
Kode Pos87562

NoNamaJabatanNIP Pangkat/Golongan
1Yayuk Sri Mulyantini, SE,M.Si
Kabag Kesra Setda Kab. Malaka
Pembina (IV/a)
2Aplonia Abu Lelo, S.AgKepala Sub Bagian Kesejateraan Sosial dan Pemberdayaan Perempuan
Penata Tk. I (III/d)
3Madalena D. C. Orleans, A.Md, Gz
Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan
Penata (III/c)
4Marius Kehi, S.KMKasubag Pemuda dan Olahraga, Pemberdayaan Masyarakat, Tenaga Kerja dan TransmigrasiPenata Muda Tk.I (III/b)
5Thimothius J. Laloan, S.STPPelaksanaPenata Muda (III/a)
6Vinsensia Un, SEPelaksanaPenata Muda (III/a)
7Videlis Bau, S.KomPelaksanaPenata Muda (III/a)
8Yohanes KabosuPelaksanaPengatur Tk.I (II/d)

NoNamaJabatan
1Arnaldo Pereira Dos Reis, SE
Pelaksana
2Leximus Bria, S.IP
Pelaksana
3Hermina Seran, S.Sos
Pelaksana
4Rosina Luruk, S.Sos
Pelaksana
5Mathildes Nahak, S.Sos
Pelaksana
6Josefina Bete, S.Pd
Pelaksana
7Gregorius Klau Teti
Pelaksana
8Kristoforus Mesak
Pelaksana
9Domitila Hoar
Pelaksana
10Andri Tey Seran
Pelaksana
11Maria Suryanti Klau
Pelaksana
12Adrianus Seran
Pelaksana
13Yohanes Rendi Nahak
Pelaksana
14Maria Germania Hoar
Pelaksana
15Triogu Yulius Manek
Pelaksana
16Nofrianus Kapitan
Pelaksana