Malaka 

Seiring dengan kebijakan pemerintah  dalam rangka percepatan pelaksanaan transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT, Aba Maulaka melakukan monitoring ke Kabupaten Malaka sebagai salah satu kabupaten perbatasan, Kamis, 15 September 2022. 

Monitoring itu dilakukan menjelang Kunjungan Kerja Dalam Negeri (KKDN) Setjen Dewan Pertahanan Nasional ke Nusa Tenggara Timur tanggal 20-23 September 2022 mendatang. 

Dijelaskan Aba Maulaka, KKDN Setjen Wantannas ke NTT itu dalam rangka pengumpulan data dan informasi yang diperlukan tentang Akselerasi Pemanfaatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi guna Mendukung Pembagunan Nasional dalam rangka Mewujudkan Stabilitas Keamanan Nasional. 

“Kunjungan kerja ini juga untuk melihat secara langsung kegiatan penyelenggaraan pemerintah berbasi digital yang selama ini dilaksanakan di Provinsi NTT,” kata Aba Maulaka. 

Terkait keberadaannya di Malaka jelang kunker tersebut, mantan Wabup Alor ini mengungkapkan dirinya datang langsung ke wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain untuk melakukan monitoring tentang ketersediaan layanan internet di daerah perbatasan. 

“Saya melihat bahwa persebaran penyediaan layanan internet dan pembangunan BTS belum optimal teristimewa di daerah perbatasan, sehingga perlu disampaikan ke lembaga-lembaga pusat untuk memberi dukungan. Dengan demikian ada intervensi secara jelas dan pasti,” ungkap Kadis Kominfo Provinsi NTT 

Dirinya secara gamblang menguraikan, setelah monitoring ini pihak Diskominfo Provinsi akan berikan pandangan kepada Wantannas dan siapkan kebutuhan tekhnis yang berkaitan dengan pembangunan BTS di desa-desa di perbatasan dan kantong strategis lainnya. 

“Khusus untuk Malaka, kita akan usulkan penyediaan layanan internet di masing-masing sentra pelayanan pemerintahan mulai dari desa, kecamatan dan fasilitas publik, sehingga memudahkan penyelenggaraan pemerintah berbasis digital,” ujar mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT ini. 

Kadis Aba Maulaka berjanji akan menyerahkan data usulan penyebaran internet gratis kepada Wantannas yang sudah diperjuangkan melalui BAKTI Kementerian Kominfo RI. 

“Saya apresiasi kepada Pemda Malaka melalui Dinas Kominfo yang sudah menyediakan data dan usulan untuk internet gratis dan pembangunan BTS untuk diserahkan pada saat kunker nanti,” tutupnya. 

Turut mendampingi Kadis Kominfo Provinsi NTT untuk memantau layanan internet dan pembangunan BTS di Perbatasan, Kabid Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Malaka, Herry Klau. 

Sumber : diskominfomalaka

Post Views: 18,062