Malaka, Diskominfo
Penjabat Bupati Malaka, Viktorius Manek, S.Sos, M.Si bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Devi Hermin Ndolu dan instansi tekhnis terkait memantau dan melihat langsung kondisi jalan dan jembatan di beberapa wilayah seperti Kobalima Timur, Kobalima, Malaka Timur dan Botin Leobele, Senin (12/4).

“Hari ini saya berkesempatan mengunjungi beberapa wilayah yang terdampak bencana di bagian atas, setelah seminggu berjibaku dengan berbagai elemen mengurus warga yang mengungsi dan membantu para korban bencana banjir bandang Benenain,” katanya sambil menambahkan para pengungsi sudah dipulangkan ke rumah masing-masing Sabtu (10/4) untuk membersihkan rumah yang terdampak usai dihantam air yang meluap.

Ditanya soal pantauan lokasi hari ini, Viktor yang juga Kepala Dinas PMD Provinsi NTT menguraikan bahwa dirinya langsung turun ke lokasi untuk pemetaan wilayah yang terdampak dan melihat lebih dekat infrastruktur yang rusak.

“Saya sedang bersama Pimpinan DPRD dan dinas tekhnis terkait melihat langsung tanggul yang tergerus banjir di Metamauk, jalan yang patah di Kalibun dan Jalan Trans Nasional yang rusak di Lakuran sedalam 1,5 meter yang harus segera diperbaiki untuk bisa dilewati. Setelah itu Saya juga memantau posko-posko penanganan banjir dan Jembatan Numponi yang rusak serta jalur penyeberangan ke Botin Leobele,” katanya.

Khusus Jembatan Numponi yang rusak berat dan tidak bisa dilewati, Penjabat Bupati Malaka menjelaskan bahwa akan segera buka jalan alternative mengikuti jalur yang lama sehingga bisa ada akses untuk manusia, barang dan kendaraan.
“Setelah saya melihat langsung, kondisi ini harus segera ditangani dan Dinas PU dengan alat berat akan segera didatangkan ke lokasi untuk membuka akses tersebut. Ini tidak boleh main-main dan kerjanya harus ekstra,” tandasnya.

Usai memantau jembatan Numponi di Malaka Timur, Viktor Manek dan rombongan juga melihat langsung titik penyeberangan sungai ke Kecamatan Botin Leobele yang kondisinya sangat parah.

“Jalur ini juga akan segera dibuka untuk memudahkan akses masyarakat ke kecamatan karena beberapa fasilitas umum seperti Kantor Camat, Puskesmas dan Sekolah juga ada di seberang sungai. Dan ini menjadi sesuatu yang urgent dan mendesak untuk diperbaiki,” tegasnya lagi.
 

Di sela-sela pemantauan infrastruktur, Penjabat Bupati juga singgah di Posko Penanganan banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak. (kominfomalaka)

Post Views: 15,443
Share Now: