Malaka, Diskominfo – Seluruh pegawai yang ada di Malaka baik Aparatur Sipil Negara maupun Tenaga Kontrak Daerah diperintahkan untuk terjun ke lapangan, mengambil data secara jelas by name dan by address warga yang terdampak bencana banjir Benenain di 29 desa dan 6 kecamatan. Perintah tersebut diungkapkan langsung Penjabat Bupati Malaka, Viktorius Manek, S.Sos, M.Si pada apel bersama yang berlangsung di Lapangan Umum Betun, senin (12/4).

“Hari ini Saya minta kepada seluruh pegawai yang ada di Malaka untuk mendatangi setiap warga yang ada di desa-desa dan lokasi yang terdampak bencana. Ambillah data secara jelas, by name by address sehingga ada intervensi dari pemerintah dan berbagai elemen tidak salah dan tepat sasaran,” kata Viktor sambil, melanjutkan, data yang diambil itu akan dikumpulkan dan disatukan sebagai data kabupaten Malaka.

Dirinya meminta kepada seluruh pegawai untuk tidak boleh apatis dan memberikan perhatian penuh kepada saudara-saudara yang terdampak korban banjir.
“Lihatlah saudara-saudara di beberapa tempat pengungsian. Mereka sangat berkekurangan dan kondisinya sangat memrihatinkan. Ada bayi dan ibu menyusui, ada anak dan orang tua yang dalam keadaan sakit. Semuanya butuh perhatian dan atensi kita semua untuk berusaha membantu sesuai kemampuan yang ada. Mari kita sama-sama berjibaku,” ujar mantan Karo Pem Setda Provinsi NTT.
Kepada ASN, Penjabat Bupati mengutarakan, hari ini menjadi momentum yang sangat pas bagi seluruh pegawai untuk membaktikan diri kepada sesama yang menjadi korban bencana.

“Para pegawai memperoleh ruang dan momentum untuk bisa mendata secara baik, secara jelas dan secara pasti karena kita sangat kesulitan data untuk dilaporkan kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi. Tulislah semua secara benar, tulislah kebutuhan yang sangat dibutuhkan termasuk semua potensi yang rusak karena harapan para korban ada juga di pundak para pegawai,” tuturnya lagi.  

Pada kesempatan yang sama, Viktor Manek memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada aparat TNI dan Polri yang berjuang dengan sangat keras membantu warga yang dilanda air bandang sejak awal terjandinya banjir hingga saat ini.

“Saya memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada teman-teman dari TNI dan Polri yang dengan segala cara membantu menjaga warga, mengevakuasi ke tempat yang aman hingga tiba di tempat pengungsian. Bahkan sampai hari ini pun mereka tetap bekerja untuk membantu sesama warga. Pengorbanan dan perjuangan sangat berarti nilainya,” aku Viktor.
 

Apel itu dihadiri Dandim 1605/Belu, Sekda Malaka, Pimpinan Perangkat Daerah dan seluruh Pegawai di Malaka. Usai apel, para pegawai langsung terjun ke lapangan sesuai dengan pembagian tugas. (kominfomalaka)

Post Views: 15,438
Share Now: