Malaka – Menurut rencana, Lapangan Umum Betun, Kecamatan Malaka Tengah akan dijadikan tempat pelaksanaan Sholat Ied bagi umat Muslim Malaka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H yang jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021 mendatang pada Jam 06.00 wita hingga selesai.
 
“Kami telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Malaka dan pihak terkait untuk melaksanakan Sholad Id berjemaah di Lapangan Umum Betun dengan pembatasan-pembatasan yang ketat sesuai dengan aturan protokol kesehatan covid-19,” demikian kata Ketua MUI Kabupaten Malaka, H. Zainal Muttaqin, ketika dikonfirmasi di Betun, Selasa (11/5/2021).
 
Zainal Muttaqin menambahkan, pelaksanaan Sholat Ied memang tidak seperti biasanya seperti tahun-tahun yang lalu, karena kita sedang berada pada situasi pandemic covid-19. Sehingga perlu adanya pembatasan dan aturan-aturan tertentu yang harus ditaati, sehingga pelaksanaan kegiatan keagamaan ini berlangsung aman, lancar dan hikmat.
 
“Secara ketat yang akan melaksanakan Sholat Ied di Lapangan Umum Betun adalah jamaah dari Kota Betun, Kletek dan dari Kompi A dan D. Sementara yang di Metamauk dan Satgas Pamtas akan melaksanakan Sholad Id di Mesjid yang ada di perbatasan,” terang Ketua MUI Malaka.
 

Zainal Muttaqin juga menjelaskan, pada pelaksanaan Sholat Ied nanti tidak ada pembatasan usia akan tetapi yang hadir dalam kegiatan ini benar-benar sehat dan siap mengikuti ibadah dengan baik.

“Selain sehat, dalam Sholat Ied nanti jamaah akan masuk ke Lapangan melalui Pintu Utara, sementara 2 pintu yang lain yakni sebelah Barat untuk jamaah laki-laki dan pintu sebelah Timur untuk jamaah perempuan. Di depan pintu masuk akan disiapkan tempat cuci tangan dan sebelum masuk ke lokasi akan diperiksa suhu tubuh masing-masing jamaah,” tegasnya sambil mengatakan setiap jamaah membawa alat sholat sendiri-sendiri dari rumah.

Ditanya mengenai Malam Takbiran, dirinya mengungkapkan akan biasanya akan dilaksanakan sehari sebelum Sholat Ied.

“Panitia pelaksanaan dalam perencanaan, Malam Takbiran akan dilaksanakan di Lapangan Umum Betun dengan tidak berkeliling seperti biasanya. Dan itu hanya untuk jamaah yang ada di Kota Betun. Sementara jamaah yang
lain melaksanakan Takbiran di mesjid masing-masing mulai dari Maghrib hingga berakhir di Jam 10 malam,” katanya lagi.

Terkait pengamanan, Zainal Muttaqin mengemukakan akan melibatkan TNI, Polri dan pihak-pihak terkait seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga kegiatan berjalan dengan nyaman dan tertib. (kominfomalaka)

Post Views: 15,456
Share Now: