Kominfo, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka menggelar kegiatan Sosialisasi pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Malaka yang berlangsung secara virtual dengan narasumber utama Drs. Aba Maulaka, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT.
Kegiatan sosialisasi yang berlangsung pada Rabu (10/3) diikuti Pimpinan Perangkat Daerah dan para Camat se-Kabupaten Malaka, berlangsung secara virtual dari masing-masing kantor.

Plh. Bupati Malaka, Donatus Bere, SH dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupatenn Malaka, Brinsyna Elfrida Klau, S.Sos, M.Si mengemukakan bahwa menindaklanjuti amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah daerah, serta dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terbuka dan akuntabel diperlukan keterbukaan informasi public sebagai sarana dalam mengoptimalkan partisipasi dan pengawasan public dlaam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, perlu adanya sistem pelayanan informasi dan dokumentasi.

“Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika selaku dinas terkait wajib membentuk sebuah tim kerja guna mengelola dan mendokumentasikan informasi tentang penyelenggaraan pemerintah yakni pejabat pengelola informasi dan dokumentasi,” kata Plh. Bupati Malaka.
Lebih rinci dijelaskan, PPID terbagi menjadi dua yaitu PPID Utama dan PPID pembantu. PPID Utama merupakan pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten, sedangkan PPID Pembantu adalah pejabat yang melaksanakan tugas dan fungsi sebagai PPID pada Satuan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah.

 

“Secara umum tugas PPID baik yang utama maupun pembantu adalah mengklasifikasi, mengkoordinasi dan mendokumentasi, menyimpan serta member pelayanan informasi kepada publik,” tegasnya.
 
Oleh karena itu, Plh. Bupati Malaka mengharapkan keterlibatan seluruh stakeholder dalam lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka guna terwujudnya pelayanan informasi kepada public secara professional.
 

Terpantau di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka, kegiatan sosialisasi dihadiri seluruh staf dan di Sekretariat Daerah dihadiri para Kepala Bagian. (kominfomalaka)

Post Views: 15,503
Share Now: