Malaka 

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH menyerahkan satu unit Mesin Potong Padi dan Jagung (Combain Harvester Multiguna) kepada Kelompok Tani Putra Ladang Desa Maktihan, Kecamatan Malaka Barat, di Rumah Jabatan Bupati Malaka, Jumat, 3 Maret 2023.

Penyerahan peralatan tersebut diterima Ketua Poktan Yasintus Bria disaksikan Kadis Pertanian Malaka drh. Januaria Jeni Seran dan Kepala Desa Maktihan Yonathan Klau. 

Bupati Simon Nahak pada kesempatan tersebut mengemukakan Pemerintah Kabupaten Malaka memberikan perhatian besar terutama di bidang pertanian untuk mendukung program Swasembada Pangan. 

“Berbagai cara kita tempuh untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Kita inginkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat tahap demi tahap,” kata Doktor lulusan Brawijaya Malang ini. 

Orang nomor satu Malaka ini pun menyebut bahwa pengadaan peralatan dan mesin pertanian pun menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar. 

“Sekali lagi untuk masyarakat, Saya bersama Wakil Bupati akan terus berjuang untuk memperoleh bantuan, yang nantinya dipergunakan untuk kepentingan umum,” ungkap Bupati Simon. 

Dosen Hukum Pidana Universitas Warmadewa Bali ini pun berharap agar peralatan ini dijaga, dipelihara sehingga dapat membantu masyarakat sesuai peruntukkannya. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malaka drh. Januaria Jeni Seran mengungkapkan Combain Harvester ini akan dipergunakan seluruh warga di Malaka Barat sesuai dengan kebutuhannya. 

“Sesuai arahan, Combain ini dipergunakan seluruh warga dan Poktan Putra Ladang dipercayakan untuk mengelolanya,” kata Kadistan Jeni Seran sembari menambahkan peralatan ini sumber dananya DAK Tahun 2022 dengan total anggaran sebesar 427 juta. 

Ketua Poktan Putra Ladang, Yasintus Bria mengucapkan terima kasih kepada Pemda Malaka yang telah memberikan bantuan perlatan mesin pertanian ini. Dirinya berjanji akan mengelolanya secara baik untuk kepentingan masyarakat. 

“Sesuai arahan, kami akan menjaga peralatan ini dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi kami,” tutupnya. 

(kominfomalaka)

Post Views: 18,052