Malaka, Diskominfo – Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH mengungkapkan perhelatan politik sudah berakhir dan sekarang saatnya kita bangkit bersama-sama membangun Rai Malaka yang kita cintai dengan mengerahkan segala kemampuan. Pemerintah dan masyarakat harus terus bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Malaka, saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malaka dengan agenda tunggal Pidato Perdana Bupati Malaka yang dilaksanakan di ruang siding DPRD Malaka, Senin (3/5/2021).

 
Di hadapan Pimpinan dan Anggota DPRD Malaka, Bupati Simon Nahak dan Wakil Bupati Kim Taolin yang dilantik Gubernur NTT pada tanggal 26 April 2021 itu menyatakan dengan segala kerendahan hati dan mempersilahkan seluruh anggota DPRD Malaka untuk menjalankankan salah satu fungsinya yakni pengawasan terhadap kinerja pemerintah.
 
“Saya tidak anti kritik, saya senang dengan kritik tetapi kritik berdasarkan data yang valid, mari kita sama-sama duduk untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada karena hukum tertinggi adalah Kesejahteraan Umum dalam hal ini Kesejahteraan masyarakat Malaka. Bonum Commune Suprema Lex,” tandas Dosen Hukum Universitas Warmadewa Bali ini.
 
Dalam pidatonya ini Bupati Malaka secara ringkas kembali memaparkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Malaka yakni Terwujudnya Kabupaten Malaka yang Berbudaya, Berkarakter, Berakhlak, Mandiri dan Sejahtera.

“Di hadapan Pimpinan dan anggota DPRD Malaka Saya dan Wakil Bupati memaparkan visi dan misi dan program-program kegiatan yang akan kita jalankan dan sinergiskan selama masa kepemimpinan kami. Program-program seperti Swasembada Pangan, Adat Istiadat, Kualitas, Tata kelola dan Infrastruktur harus mampu diterjemahkan secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Bupati Simon yang dalam pidatonya menyisipkan joke-joke ringan dan bahasa Tetun yang cukup fasih.
Bupati Malaka juga mengetengahkan agar elemen masyarakat harus bersama-sama dan bahu membahu mengerahkan segala kemampuan, inovatif, kreatif dan inisiatif memberikan pikiran, waktu dan tenaga untuk membangun Rai Malaka dengan mengedepankan Adat Sabete Saladi, Haktaek Malu, Hakneter Malu.
 
“Jikalau ada sesuatu hal yang harus dibicarakan bersama, mari kita duduk bersama untuk mencari solusi. Mari kita berpikir bersama demi satu tujuan yang lebih baik, untuk Malaka yang lebih baik,” ajak suami Maria Martina Nahak ini.
 
Khusus mengenai birokrasi, Bupati Malaka menegaskan, dalam kepemimpinannya penempatan tenaga-tenaga ASN berdasarkan kemampuan dan keahlian masing-masing, dengan memperhatikan moral integritas dan komitmen untuk membangun Malaka.
 
Pada kesempatan yang sama, Bupati Simon Nahak pun mengingatkan kembali kepada hadirin yang hadir untuk bersama-sama memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam menjalankan tugas dan rutinitas di bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran, SH dalam pernyataan penutupnya mengatakan atas nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Malaka, pihaknya menyatakan  dukungan dalam semangat kemitraan yang sejajar, yang saling mendukung dan menguatkan melalui  tiga fungsi dewan.
 
“Saya mengajak seluruh masyarakat kabupaten Malaka bergandengan tangan, bersatu padu untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Rai Malaka tercinta,” tutupnya.
 
Rapat paripurna ini dihadiri unsur Forkopimda Malaka, Staf Ahli Bupati, Sekretaris Daerah  Kabupaten Malaka, Asisten Sekda Malaka, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua KPU Malaka, Ketua Bawaslu, Rohaniwan serta undangan lainnya.
 

Sebelumnya Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, SH. MH bersama Wakil Bupati Malaka Louise Lucky Taolin, S.Sos, Ketua Tim Penggerak dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK diterima Pimpinan DPRD Malaka di depan Kantor DPRD Malaka dengan pengalungan kain sebagai ucapan selamat datang. (Ary Erap-Wim Klau/kominfomalaka)

Post Views: 15,635
Share Now: