Malaka, Diskominfo – Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Malaka, hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 resmi diserahterimakan dari Penjabat Bupati Viktorius Manek, S.Sos, M.Si kepada Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Louise Lucky Taolin, S.Sos. Serah terima itu berlangsung dalam acara kenegaraan yang sangat bermartabat di aula Kantor Bupati Malaka, Sabtu (1/5/2021).

Hadir dalam acara itu Forkopimda Malaka, Pimpinan DPRD Malaka, Sekretaris Daerah dan Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Malaka, Pimpinan BUMN dan BUMD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada Penjabat bupati Malaka selama sebulan bersama jajaran pemda dan rakyat Malaka sudah menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan dengan baik.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Penjabat yang walaupun hanya sebulan bertugas di Malaka, akan tetapi mampu melaksanakan tugasnya dengan baik hingga hari serah terima ini,” kata Bupati Simon.

Dirinya menegaskan, sejak dilantik oleh Gubernur NTT  menjadi bupati, Senin (26/4/2021) lalu dirinya bersama Wabup Malaka berkomitmen untuk membangun Malaka agar bisa sejajar dengan kabupaten lain di NTT.

Dengan masa kepemimpinan yang sangat singkat, Bupati Simon dan Wabup Kim Taolin berkomitmen membangun dengan ekstra ordinary dan luar biasa. Kami akan kaji program pimpinan sebelumnya. Kalau yang baik kita pertahankan, kalau kurang kami benahi. Yang  salah kami luruskan. Prinsipnya kami bangun Malaka dengan berpedoman pada 5 program yang sudah kami kemas dalam Program SAKTI yakni Swasembada Pangan,  Adat Istiadat, Kualitas, Tata Kelola dan Infrastruktur.

Simon sangat optimis dalam masa kepemimpinan mereka, Malaka akan  sejajar dengan kabupaten lain. Pasalnya,  ciri khas wilayah ini  sama-sama multikultur apakah  suku,  agama, budaya seperti halnya kabupaten lain.

Dirinya mengajak semua elemen dan komponen daerah ini untuk maju bersama bergandengan tangan memajukan Malaka untuk memberantas kemiskinan dan menekan persoalan stunting.

“Pesan saya bahwa kita bekerja melalui program yang sudah kami kemas,  orientasinya  pada kesejahteraan rakyat. Mari kita kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan. Kita jalani sesuai aturan dan sama-sama menciptakan suasana yang  kondusif, aman dan berkeadilan,” ujar Simon.

Sementara itu, Viktorius Manek dalam pesan dan kesannya menyampaikan proficiat kepada Bupati dan Wakil Bupati Malaka atas kepercayaan yang diberikan masyarakat untuk memimpin Renu Rai Malaka.

Viktor Manek yang sejak awal kedatangannya di Malaka menamakan diri sebagai “Yohanes Pembaptis” selanjutnya akan kembali mengemban tugas sebagai Kepala Dinas PMD Provinsi NTT

Menurut Viktor, keberadaannya di Malaka hampir sebulan ini merupakan “Yohanes Pembaptis” guna mengisi kekosongan jabatan pimpinan daerah Malaka.

“Tugas saya sebagai Yohanes Pembaptis sudah selesai. Saya harus  kembali ke tempat semula. Saya atas nama pribadi dan keluarga memberi hormat kepada bupati dan wabup dalam membangun Malaka kedepan,” kata Viktor dengan suara terbata-bata.

Viktor juga melaporkan soal situasi dan kondisi di Malaka selama masa jabatan menjadi penjabat bupati. Dirinya menginformasikan kepada bupati bahwa penyelenggaraan tugas pemerintahan berjalan dengan baik.

Selain itu, terkait laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) sudah diserahkan ke gubernur NTT dan  laporan keuangan-pun sudah disampaikan BPK RI Perwakilan NTT di Kupang.

“Soal ketertiban umum juga pelaksanaan perayaan Paskah juga berjalan aman dan tertib. Saya juga mohon maaf terkait  tunjangan pegawai tidak bisa saya tandatangani termasuk soal mutasi. Mengenai pandemi Covid-19, kita terus sosialisasikan mengenai pola 3M karena di Malaka ini pandemi diibaratkan seperti  gunung es,” kata Viktor.

Dirinya menekankan hal penting bahwa saat ini perbedaan politik sudah berakhir. Pemerintah dan warga Malaka harus bergandengan tangan membangun Rai Malaka ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penyerahan Memori Jabatan dan Laporan Pelaksanaan Tugas dari Penjabat Bupati kepada Bupati Malaka disaksikan Wakil Bupati dan Pimpinan DPRD Malaka.

Kegiatan sertijab yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Malaka tetap menerapkan protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19. Seluruh undangan dites suhu tubuhnya secara bergiliran sebelum masuk ruangan.

Usai acara sertijab dilanjutkan dengan perayaan misa syukur bersama di kediaman bupati Malaka dan ramah tamah di Weleun, Desa Bakiruk, Kecamatan Malaka Tengah. (kominfomalaka)

Post Views: 15,569
Share Now: